Sukses

Jet Tempur Australia Gabung Koalisi AS Tumpas ISIS di Irak

Setelah Inggris, kini Australia juga turut tangan dalam memerangi kelompok ISIS.

Liputan6.com, Baghdad - Setelah Inggris bergabung dengan koalisi Amerika Serikat (AS), kini Australia juga turut tangan dalam memerangi kelompok ISIS. Jet-jet tempur dari Negeri Kanguru itu telah diizinkan masuk dalam tim penggempur grup militan tersebut di Irak.

"Kami bergabung dengan koalisi pimpinan AS yang bertujuan untuk memberangus kelompok pemberontak di Timur Tengah itu," kata Perdana Menteri Tony Abbott seperti diberitakan Reuters, Jumat (3/10/2014).

Abbott mengutarakan, pasukan khusus tentara Australia juga akan dikerahkan di tanah Irak. Mereka akan diterjunkan untuk memberikan nasihat dan mendukung tentara Irak dalam pertempuran mereka melawan kelompok Islam militan.

Sebelumnya selama hampir dua minggu, Amerika Serikat telah membom ISIS dan kelompok-kelompok militan lain di Suriah dengan bantuan sekutu Arab. Sementara gempuran di Irak dilakukan sejak Agustus.

Negara-negara Eropa telah bergabung kampanye di Irak, tapi tidak ikut serta di Suriah.

Dalam kerjasamanya menumpas ISIS, sebelumnya Inggris telah mengirimkan jet-jet tempur. Para pilot diminta memata-matai dan membantu AS untuk mengebom kilang minyak yang disebut sebagai 'mesin uang', karena menghasilkan sekitar Rp 23,8 miliar per hari. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini