Sukses

Jadi Tersangka Korupsi, 2 Anggota Dewan Terpilih Tetap Dilantik

Latif dan Isa ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Lhokseumawe dalam kasus dugaan korupsi dana investasi perusahaan daerah.

Liputan6.com, Aceh - Dua tersangka kasus korupsi turut dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada Selasa 30 September 2014. Kedua wakil rakyat tersebut yakni Abubakar A Latif dan Muhammad Isa. Keduanya berasal dari daerah pemilihan Aceh Utara dan Lhokseumawe.

Latif dan Isa ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Lhokseumawe dalam kasus dugaan korupsi dana investasi perusahaan daerah senilai Rp 5 miliar.

Terkait hal itu, Sekretaris DPR Aceh A Hamid Zein mengatakan keduanya tetap dilantik karena belum memiliki keputusan hukum tetap dari pengadilan

"Sejauh belum ada putusan pengadilan yang memperoleh ketentuan hukum tetap, yang bersangkutan masih tetap bisa dilakukan pengambilan sumpah dan janjinya," kata A. Hamid Zein, Rabu (1/10/2014).

Setelah 81 anggota DPR Aceh yang terpilih dilantik, prosesi tepung tawar dan pengukuhan yang dipimpin oleh Wali Nanggro Aceh Malik Mahmud pun dilakukan. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Aceh Chaidir.

Beda halnya dengan Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. Dia tidak akan dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka pada kasus dugaan tindak pidana korupsi dan pemerasan di kementerian yang dipimpinnya.

Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf, partainya saat ini juga sudah mengirim surat penangguhan ke Jero Wacik agar tidak dilantik. "Surat penangguhan sudah diterima dan beliau (Jero Wacik) mengerti dan sudah menerima penangguhan itu," ujar Nurhayati, Selasa 30 September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.