Sukses

Bus Salawat Berhenti Antar Jemaah Haji ke Masjidil Haram

Bus Salawat yang mengantar jemaah haji dari penginapan menuju Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi berhenti beroperasi.

Liputan6.com, Mekah - Bus Salawat yang mengantar jemaah haji dari penginapan menuju Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi berhenti beroperasi mulai Senin 29 September 2014. Bus-bus itu tengah dipersiapkan untuk kegiatan wukuf di Arafah, bermalam di Musdalifah, dan melempar jumroh di Mina (Armina).

"Tidak beroperasi," kata Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Makkah Suhendro Wagiono Irsyad, di Mekah, Senin 29 September 2014.

Pemberhentian operasional bus ini berdasarkan peraturan pemerintah Arab Saudi. Wukuf akan dilaksanakan pada 3 Oktober 2014, namun jemaah sudah berangkat ke Padang Arafah sejak 2 Oktober 2014. Sementara kegiatan di Mina akan tuntas pada 7 Oktober 2014.

Selama ini jemaah haji Indonesia dilayani oleh 150 bus dari dua perusahaan.

Karena pemberhentian operasional bus ini, maka jemaah yang akan ke Masjidil Haram hanya bisa berjalan kaki atau menaiki taksi. Meskipun sudah tidak ada bus yang mengangkut, antusias jemaah haji yang ingin melakukan ibadah tidak surut.

Sementara bus-bus ini dijadwalkan akan kembali mengangkut jemaah haji pada 8-27 Oktober 2014. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.