Sukses

Gunung Ontake Jepang Meletus, Pendaki Terkubur Abu

Beberapa penerbangan yang melintasi kawasan Gunung Ontake terpaksa dibatalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung berapi Ontake di Distrik Kiso, Nagano, Jepang meletus. Akibatnya sejumlah pendaki gunung dilaporkan terkubur abu vulkanik.

Kepolisian setempat mengatakan, ada sekitar 8 pendaki yang terluka akibat letusan gunung. Sedangkan sekitar 250 orang lainnya terjebak di dekat puncak gunung.

"Gunung meletus pada Sabtu pukul 11.53 pagi. Sejumlah pendaki dilaporkan terkubur abu," kata polisi tersebut, seperti dikutip dari The Japan Times, Sabtu (27/9/2014).

Badan Meteorologi Jepang melaporkan, letusan gunung telah menembakkan abu sejauh 3.067 meter. Untuk itu, warga sekitar yang berada pada radius 4 km diminta untuk mengungsi. Kini petugas tengah menuju lokasi membantu evakuasi warga dan para pendaki.

Erupsi gunung juga mengganggu sejumlah penerbangan di Negeri Sakura. Pejabat penerbangan Jepang mengatakan, beberapa penerbangan yang melintasi kawasan gunung tersebut terpaksa dibatalkan.

Saksi mata, Shuichi Mukai, menuturkan dirinya mendengar suara seperti bom, saat gunung meletus. Dia pun langsung berlari. "Awalnya seperti mau ada petir. Kemudian terdengar, boom... boom... dan segalanya menjadi gelap," ujar dia kepada kantor berita NHK.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe langsung menetapkan status darurat dan menginstruksikan petugas untuk cepat tanggap ke lokasi kejadian demi menyelamatkan para penduduk dan pendaki.

Berdasarkan catatan sejarah, Gunung Ontake Jepang pernah erupsi dengan skala letusan yang sangat besar hingga memicu 200 ribu ton abu vulkanik pada 1979 silam. Erupsi juga pernah terjadi pada 1991. Sedangkan letusan pada 2007 sempat memicu gempa. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.