Sukses

Tiba di Bali, Jokowi Disambut Aksi Warga

Mereka berharap Jokowi dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Bali.

Liputan6.com, Denpasar - Kedatangan presiden terpilih Jokowi ke Bali disambut demonstrasi warga setempat. Bukan soal RUU Pilkada, aksi kali ini terkait rencana reklamasi di kawasan perairan Teluk Benoa yang kembali mendapat penolakan dari masyarakat Bali.

Seperti yang terjadi siang ini di depan kantor Gubernur Bali, puluhan massa yang tergabung dalam Forum Rakyar Bali (ForBali) menggelar aksi tolak reklamasi. Koordinator aksi Suriadi Darmoko mengatakan, Darmoko berharap Jokowi mendengar dan melihat penolakan terhadap proyek prestisius tersebut.

"Kita berharap Jokowi mendengarkan aspirasi rakyat Bali dan mencabut Perpres Nomor 51 Tahun 2014 yang memuluskan rencana reklamasi tersebut," kata Darmoko di Denpasar, Bali, Sabtu (26/9/2014).

Ratusan demonstran yang terdiri dari pemuda itu terus berorasi meski Gubernur Bali Made Mangku Pastika tak berada di kantornya.

"Kita tahu Pak Gubernur tidak ada di kantor. Tapi aksi ini ingin menegaskan sikap kami, jika keputusan reklamasi tak dicabut, kami akan terus melakukan perlawanan," ucap Darmoko.

Menurut dia, reklamasi tak hanya merugikan masyarakat Bali, tetapi dapat merugikan rakyat Indonesia secara keseluruhan. Untuk itu, ia berharap Jokowi dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Bali dan mencabut perpres yang memuluskan reklamasi.

Reklamasi, lanjut dia, dapat menimbulkan bencana ekologis yang hebat bagi lingkungan Bali. Selain itu, proyek yang akan melahap lahan seluas 700 hektare itu akan dinikmati kalangan atas saja. "Rakyat Bali tak akan mendapat keuntungan apapun dari proyek tersebut," tandas Darmoko.

Jokowi tiba di Bali sekitar pukul 10.50 Wita. Jokowi bersama rombongan tiba di Bali dengan menumpangi pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-402. Jokowi akan menghadiri pertemuan dengan aktivis 98. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini