Sukses

Puan PDIP: Cari Saja Apa Istilah Paling Tepat buat Demokrat?

Puan tak menyalahkan 100 persen sikap Partai Demokrat yang walk out saat voting RUU Pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PDIP DPR Puan Maharani mengaku kecewa dengan pertunjukan politik Partai Demokrat. Menurut Puan, sikap politik balik badan yang diambil oleh Demokrat memperlihatkan labilnya partai besutan SBY dalam memperjuangkan hak rakyat. Sampai-sampai Puan bingung kalimat apa yang pas untuk menggambarkan sikap politik dari Partai Demokrat.

"Cari saja apa istilah yang paling tepat buat Demokrat. Apa, gambarkan sendiri," kata Puan Maharani di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Puan tak menyalahkan 100 persen sikap Partai Demokrat tersebut. Menurut Puan, SBY sudah tegas agar politisi Partai Demokrat di DPR untuk bertahan pada pilihan pilkada langsung oleh rakyat.

Puan pun melihat Demokrat bermain-main menentukan arah demokrasi bangsa. Sekali lagi Puan menekankan, rakyat kini terang melihat siapa yang konsisten bersama rakyat.

"Ternyata apa yang jadi perintah Ketua Umum tidak diikuti baik dan benar oleh Fraksi Demokrat di DPR. Kita menguatkan opsi Demokrat tapi ya kemudian mereka bermanuver netral. Jadi bukan masalah menang atau kalah, tapi kami konsisten," tegas Puan.

Puan juga menuturkan, PDIP akan terus berjuang kembali menjaga kedaulatan rakyat di DPR. Terkait masalah siapa yang akan pergi ke MK, Puan melihat akan ada gerakan rakyat yang memperjuangkan hak konstitusinya.

"Saya rasa bukan kami yang akan ke MK, tapi elemen-elemen dari masyarakat dan kepala daerah akan menyatakan sikapnya," tutup Puan.

Dalam rapat paripurna di DPR soal pengesahan RUU Pilkada, Fraksi Partai Demokrat menyatakan netral dan sebagai penyeimbang. Tak hanya itu, partai besutan SBY ini pun menyatakan walk out. Demokrat menilai usulan 10 poin yang diajukan tidak diterima seutuhnya oleh forum dalam lobi dan paripurna. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini