Sukses

Ahok Pastikan Uji Coba ERP Tahap II Dilaksanakan Pekan Depan

Menurut Ahok, kali ini uji coba ERP itu akan dilaksanakan di depan Setiabudi One, Kuningan, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) akan diuji coba untuk kedua kalinya. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok, ERP kedua bakal diuji coba pekan depan.

"Harusnya sih minggu depan sudah bisa (uji coba)," kata pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu di Balaikota Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Lanjut Ahok, kali ini uji coba ERP itu akan dilaksanakan di depan Setiabudi One, Kuningan, Jakarta Selatan.

Mantan kader Partai Gerindra itu menjelaskan, perangkat ERP memang harus terus diuji coba untuk melihat teknologi yang cocok digunakan di Jakarta. Karena uji coba ERP kedua ini dilaksanakan oleh perusahaan yang berbeda dari sebelumnya yang ada di Jalan Sudirman.

Alat ERP di Kuningan disediakan oleh perusahaan asal Norwegia, Q-Free.

"Uang yang masuk ke ERP ini sebenarnya tujuan utama kami bukan demi uang itu. DKI hanya ingin membatasi penggunaan mobil," kata Ahok.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Mohammad Akbar mengatakan ujicoba ERP di Kuningan tepatnya akan dilaksanakan pada 30 September 2014 mendatang. ‎Uji coba kedua itu akan melibatkan 100 kendaraan roda empat yang akan dipasangi alat on board unit (OBU).

"Uji coba ini hanya untuk menguji alat dan sistem yang ditawarkan PT Q-Free dengan kondisi lalu lintas kita. Sebelum nantinya, perusahaan ini mengikuti tender ERP dengan perusahaan lainnya," kata Akbar.

Saat ini, gate pondasi ERP oleh Q-Free di depan gedung Setiabudi One sudah tampak terpasang. Namun bentuknya berbeda dengan gerbang yang dibuat oleh Kapsch di Ratu Plaza Sudirman. Jika milik Kapsch berupa gerbang utuh, alat ERP milik Q-free berbentuk hampir serupa lampu lalu lintas dengan tiang yang menjorok ke jalan seperti lengan (arm).

Dalam perangkat ERP itu telah ada 8 kamera sensor penangkap pelat mobil sert‎a sebuah layar digital yang mempromosikan ERP. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • ERP

Video Terkini