Sukses

"RUMAN" Aceh Tempat Belajar Gratis Anak Dhuafa

Ruman Aceh sudah ada sejak tahun 2007.

Citizen6, Aceh Ruman Aceh yang terletak di Punge Blangcut adalah tempat belajar untuk anak-anak kaum dhuafa. Rumah ini menjadi salah satu pusat belajar bagi anak-anak warga setempat.

Tempat belajar ini tersedia untuk menampung anak-anak yang tidak belajar secara formal di sekolah. Ruman ini bersifat gratis dan tidak memungut biaya apapun sekaligus berdiri secara independent.

Ahmad Arif adalah pendiri ruman asal kuta cane yang berumur 33 tahun dan masih bekerja disalah satu NGO Qatar Charity yang ada di Banda Aceh. Kegiatan sehari-harinya bekerja dan aktif di Ruman Aceh.

Ruman Aceh sudah ada sejak tahun 2007. Pada awalnya Ruman Aceh hanyalah tempat pustaka gratis untuk masyarakat di sekitar gampong Punge Blangcut tetapi dengan pemikiran Ahmad Arif dengan lingkungan pendidikan saat ini yang rendah beliau memiliki hasrat untuk membuat bimbingan belajar yang targetnya untuk semua khalayak secara gratis khususnya bagi anak kurang mampu atau kaum dhuafa.

Bimbingan belajar Ruman Aceh sudah berjalan selama setahun dan hampir setiap harinya peminat belajar semakin meningkat hingga lokasi belajarnya sampai keteras rumah. Saat ini Ruman Aceh terus mengembangkat cara mengajar yang baik sehingga anak-anak yang saat ini tertinggal pelajarannya bisa dengan mudah menyerap pelajaran yang diajari.

Kegiatan bimbingan belajar di Ruman Aceh ini dimulai setelah solat magrib hingga selesai, adapun materinya dibagi dengan kelas-kelas tertentu dan spesifik. Kemudian saat berakhirnya proses belajar mengajar pihak Ruman Aceh memberikan snack kecil ataupun kue gratis agar anak-anak semangat belajar esok harinya yang menjadi ciri khas yang unik dari Ruman Aceh.

Pengirim:

Nama : MUNZIR HARUN
Mahasiswa FISIP ilmu komunikasi UNSYIAH


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.