Sukses

PKS Pastikan Solid Dukung Pilkada Melalui DPRD

Jazuli mengakui, PKS melakukan lobi-lobi terhadap Partai Demokrat yang mendukung pilkada langsung agar berubah haluan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan, kadernya di DPR solid dalam mendukung disahkannya Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada), yang akan ditentukan dalam rapat paripurna DPR hari ini. Hal ini karena berbagai pertimbangan yang telah dilakukan PKS jika Pilkada dipilih melalui DPRD.

Menurut Anggota Fraksi PKS Komisi II DPR Jazuli Juwaini, salah satu pertimbangannya yakni adanya penghematan anggaran yang mungkin bisa digunakan untuk kepentingan rakyat, seperti pembangunan rumah sakit dan lain sebagainya. Selain itu, Pilkada melalui DPRD juga tidak serta merta merusak demokrasi di Indonesia.

"Kita akan solid dan kompak tetap pada putusan bahwa dipilih oleh DPRD, karena Pilkada tidak langsung juga tentu tidak mencederai demokrasi karena ada suara rakyat juga di situ," kata Jazuli, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/9/2014).

Dia mengakui, PKS melakukan lobi-lobi terhadap Partai Demokrat yang mendukung pilkada langsung. Lobi ini dilakukan guna mengubah haluan pilihan partai itu.

Namun, ia tidak dapat memastikan apakah dalam sidang paripurna nanti Partai Demokrat akan mengubah haluannya atau tidak dengan mendukung RUU Pilkada dengan pilkada melalui DPRD.

"Kalau lobi-lobi terus kita lakukan semuanya. Tapi kalau perubahan haluan tanya ke Partai Demokratnya langsung," ujar dia.

Jazuli juga memastikan, 53 dari 57 anggota Fraksi PKS yang ada di DPR akan hadir dalam sidang paripurna nanti. "Yang 2 orang sedang bertugas haji di Mekah, mereka kirim doa bukan kirim suara," tandas Jazuli. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini