Sukses

Material Ledakan Mobil Hanguskan Puluhan Rumah Warga di Cipinang

Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di RW 04, Cipinang Besar, Jatinegara, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di RW 04, Cipinang Besar, Jatinegara, Jakarta Timur. Api sempat tidak terkendali karena angin kencang yang berhembus di lokasi. Selain itu, api yang menyambar sempat meledakkan sebuah mobil.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.15 WIB. Api dengan cepat menyambar pemukiman padat penduduk yang berada di sebelah kali. Api diduga berasal bedeng milik pekerja apartemen.

Kencangnya angin membuat api merambat ke beberapa mobil yang terparkir tak jauh dari bedeng. Tak lama setelah itu, mobil Toyota Avanza meledak. Material mobil dalam kondisi terbakar itu pun melayang ke udara hingga ke permukiman rumah warga yang berada di seberang kali, dan menghanguskan puluhan rumah warga.

"Angin yang kencang, udara panas dan juga ada mobil Toyota Avanza yang terbakar dan meledak sehingga api bisa lompat ke permukiman warga yang di seberang kali," kata Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Abdul Karim, di lokasi, Rabu (24/9/2014).

Hingga kini Karim mengetahui penyebab pasti kebakaran yang melanda pemukiman warga itu. Sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendataan. Yang pasti tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Masih hitung untuk kerugiannya. Insya Allah tidak ada korban jiwa, hanya tadi ada tiga pekerja luka dan sudah ditangani PMI," ungkap Karim.

Camat Jatinegara Sofyan Taher mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun, ratusan kepala keluarga menjadi korban dalam peristiwa kebakaran ini.

"Yang terbakar di RT 15 RW 04. Ada 71 bangunan dan 300 kk yang menjadi korban," ungkap dia.

Untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran menurunkan 47 unit mobil pemadam kebakaran. 4 Jam setelah kebakaran atau sekitar pukul 14.25 WIB, petugas baru berhasil memadamkan kobaran api. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.