Sukses

Mesin Parking Meter dan CCTV Dipasang di Jalan Sabang Pekan Ini

Mesin-mesin parking meter itu sudah tiba di Jakarta sejak Selasa 23 September dan sedang dalam proses bea cukai.

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta melaksanakan uji coba sistem parking meter di Jalan Agus Salim (Sabang), Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat 26 September pekan ini. Unit Pelaksana (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta segera memasang mesin parking meter dari Swedia dan Circuit Closed of Television (CCTV).

"Besok mungkin alatnya sudah dipasang di Jalan Sabang," kata Kepala UP Perparkiran Dishub DKI Jakarta Sunardi Sinaga, melalui pesan tertulisnya, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Mesin-mesin parking meter itu sudah tiba di Jakarta sejak Selasa 23 September dan sedang dalam proses bea cukai. Pada Kamis besok, pihak UP Perparkiran akan mulai memasang 11 mesin parking meter dan 11 unit CCTV di Jalan Sabang sepanjang 500 meter.

Menurut dia, baik pihak Kelurahan, Kecamatan maupun Polsek Menteng setuju mendukung penerapan parking meter tersebut. "Hasil rapat semua oke dan mendukung," ucap dia.

Dalam 1 mesin parkir nantinya mampu mendeteksi 10 sampai 15 kendaraan roda 4. Sementara, biaya yang akan dikenakan berkisar antara Rp 4.000 sampai Rp 8.000. Namun belum diputuskan oleh pihak UPT Perparkiran Dishub DKI Jakarta.

"Nanti biaya diatur melalui mesin. Cara membayarnya harus pakai kartu jadi bisa top up di bank atau tempat-tempat yang ditentukan," kata Sunardi.

Pembagian hasil parkir ke depannya adalah 70 persen untuk vendor dan 30 persen untuk parkir Dishub DKI. (Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.