Sukses

SBY Ungkap Kemenangan TNI Atas Militer AS

SBY juga berpesan kepada Amerika Serikat yang untuk bertanggung jawab besar membantu menciptakan dunia yang damai, adil, dan makmur.

Liputan6.com, New York - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan kuliah umum di hadapan 1.000 kadet Akademi Militer Amerika Serikat, West Point. Dalam kuliah umumnya itu, SBY membeberkan rahasia soal militer Indonesia yang mengalahkan Amerika Serikat dalam sebuah latihan bersama.

"Anda mungkin bertanya-tanya permainan apa yang membuat Indonesia bisa mengecoh kontingen lain, termasuk Amerika Serikat? Permainan tersebut adalah menangkap belut licin dan membawa mereka dari satu titik ke titik lain," SBY bercerita, disambut tepuk tangan dan tawa para kadet West Point, seperti dikutip dari presidenri.go.id.

Presiden SBY menceritakan kisah atau lebih tepat joke tersebut di hadapan kadet Akademi Militer Amerika Serikat di West Point, Orange Country, Senin 22 September siang waktu AS atau Selasa (23/9/2014) dini hari di Indonesia.

SBY mengaku diyakinkan petugas intelijen bahwa Indonesia akan mengalahkan AS dalam permainan belut.

"Sekarang saudara tahu rahasianya dan saya takut mungkin permainan ini dijadikan sebagai bagian dari pelatihan dasar. Jadi lain kali, saudara bisa mengalahkan kontingen Indonesia. Mungkin," ujar SBY.

SBY juga berpesan kepada AS yang untuk bertanggung jawab besar membantu menciptakan dunia yang damai, adil, dan makmur.

"Dunia memiliki harapan yang tinggi pada AS, pada kepemimpinan-kepemimpinan yang konstruktif, bijaksana, dan bermanfaat bagi semua bangsa," kata SBY.

SBY mendoakan agar semua kadet Akademi Militer AS bisa menjadi patriot, prajurit, dan pemimpin militer yang sukses dam menjadi pasukan penjaga perdamaian untuk kemajuan negara dan dunia. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini