Sukses

10 Kilogram Jeruk Nipis untuk Bersihkan Patung Diponegoro

Patung Diponegoro mulai dibersihkan oleh Balai Konservasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Patung Diponegoro mulai dibersihkan oleh Balai Konservasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (19/9/2014), persiapan pembersihan patung yang berada di kawasan Monumen Nasional (Monas) ini sudah dilakukan sejak 2 hari lalu.

Menurut pengawas kegiatan dari Balai Konservasi Dinas Pariwisata dan Budaya Pemprov DKI Jakarta Andia Sumarno, proses pembersihan patung dengan tinggi total 9,4 meter ini akan dibersihkan selama 4 hari dari persiapan hingga pelapisan bahan pelindung pada patung.

Proses pembersihan patung yang dibuat pada 1965 oleh pemahat asal Italia ini menggunakan cara yang sama dengan pembersihan Patung Pancoran. Yaitu dengan 10 kilogram ekstrak jeruk nipis.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembersihan Patung Pancoran membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dan sudah selesai. Setelah dibersihkan dan diberi pelindung, kedua patung ini akan tahan dari karat hingga 5 sampai 10 tahun ke depan. (Yus)

Baca juga:

Patung Dirgantara Selesai Dibersihkan Senin Pekan Depan

30 Kg Jeruk Nipis Disiapkan untuk Bersihkan Patung Pancoran

Jeruk Nipis untuk Bersihkan Patung Pancoran

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini