Sukses

Wakil Ketua DPR Ini Kaget Dengar Demokrat Setuju Pilkada Langsung

Sikap Partai Demokrat yang kini mendukung pelaksanaan pilkada secara langsung berlawanan dengan Koalisi Merah Putih.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengaku terkejut atas sikap Partai Demokrat yang kini mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung.

Sebab, menurut Priyo, usulan pelaksanaan pilkada tak langsung atau melalui DPRD dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada ini sebelumnya berasal dari pemerintah.

"Betapa pun kita kaget, terkejut. Tapi tidak boleh pingsan," kata Priyo di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, UUD 1945 menyatakan bahwa pelaksanaan pilkada harus memenuhi unsur demokratis. Namun, tidak diatur apakah pilkada harus dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung.

Meski demikian, ia menambahkan, apapun bentuknya, baik pilkada langsung maupun tak langsung, keduanya tetap memenuhi aspek demokrasi.

Selain itu, Priyo juga mengimbau, kepada partai politik yang tergabung di dalam Koalisi Merah Putih agar dapat menerima keputusan yang diambil Partai Demokrat itu. Menurut dia, perubahan sikap partai di dalam politik merupakan hal yang wajar.

"Oleh karena itu kepada pihak lain saya minta tetap menghormati pandangan ini," tandas Priyo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini