Sukses

Ibas: Demokrat Setuju Pilkada Langsung

Partai Demokrat setuju pemilu secara langsung tetap dipertahankan karena sejalan dengan aspirasi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menegaskan Demokrasi di Indonesia harus terus tumbuh dan berkembang, jangan sampai mengalami kemunduran. Hal ini disampaikan Ibas, sapaan politisi muda ini menanggapi polemik RUU Pilkada yang belakangan mengemuka di masyarakat luas.

Untuk itu, menurut Ibas, Partai Demokrat setuju jika pemilu secara langsung tetap dipertahankan karena sejalan dengan aspirasi masyarakat.

"Terkait polemik RUU Pilkada, Partai Demokrat setuju dengan nafas reformasi dan pematangan demokrasi. Intinya harus sejalan dengan pemikiran rakyat termasuk aspirasi kepala-kepala daerah yang menginginkan hak politik warga negara RI tidak boleh dipangkas," ujar Ibas di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Namun demikian Ibas mengingatkan perlu ada sejumlah perbaikan dalam pasal RUU Pilkada yang berpotensi merusak nafas demokrasi.

Dia mengajak seluruh pihak yang peduli dengan kemajuan demokrasi Indonesia untuk melihat secara jernih dan berorientasi pada kemajuan dan upaya pendewasaan berdemokrasi di Indonesia.

"Mari kita berfikir jernih, melangkah ke depan dengan tekad untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistim demokrasi kita," ujarnya.

Ditambahkannya, Partai Demokrat akan terus berada di depan untuk mengawal demokrasi berjalan di jalur yang benar. Demokrat, kata dia, lahir dari roh demokrasi dan akan terus berkontribusi secara konkret menjaga demokrasi pada arah yang benar sesuai dasar negara kita.

"Pak SBY dipilih secara langsung oleh rakyat untuk memimpin juga merupakan produk demokrasi kita yang kian berkembang positif," demikian Ibas. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.