Sukses

SBY Tentukan Sikap Demokrat Terkait RUU Pilkada Besok

Apapun keputusan SBY terkait RUU Pilkada, Fraksi Partai Demokrat di DPR akan mengikutinya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menentukan sikapnya terkait Rancangan undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) yang hingga saat ini masih menjadi polemik di DPR.

"Pak SBY pasti akan tentukan sikap, ya tunggu saja 1-2 hari ini. Pak SBY akan mengoordinasikan putusan (sikapnya) terkait ini (RUU Pilkada)," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Demokrat Max Sopacua di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).

Anggota Komisi I DPR itu menuturkan, apapun keputusan SBY terkait RUU Pilkada, Fraksi Partai Demokrat di DPR akan mengikutinya.

"Fraksi itu perpanjangan partai. Jadi, kami akan ikut sikap partai mau ke mana," tutur Max.

Sikap Partai Demokrat terkait RUU Pilkada, lanjut dia, akan ditentukan secepatnya, sebelum SBY melakukan kunjungan kenegaraannya. Ketua Umum Partai Demokrat tersebut dijadwalkan mengunjungi Amerika Serikat pada 18 September 2014 mendatang.

"Ada putusan Demokrat sebelum ke New York tanggal 18," tandas Max.

Sebelumnya, 5 fraksi di Komisi II DPR telah setuju disahkannya RUU Pilkada yang di dalamnya mengatur kemanisme pemilihan kepala daerah, bupati/walikota, dan gubernur dilakukan melalui DPRD. Kelima fraksi itu adalah Fraksi Partai Golkar (FPG), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP).

Sedangkan 3 fraksi mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung oleh rakyat adalah Fraksi PDI Perjuangan (FPDIP), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), dan Fraksi Partai Hanura.

DPR berencana mengambil keputusan RUU Pilkada pada akhir September ini dan mengisyaratkan akan melakukan voting jika tidak ditemukan kesepakatan dalam musyawarah antar-fraksi. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.