Sukses

Pertimbangan PAN Pecat Wanda Hamidah

Mantan anggota DPRD DKI Jakarta itu mengunggah foto sebuah surat bertuliskan pemberhentian tetap Wanda Hamidah sebagai kader PAN.

Liputan6.com, Jakarta - Wanda Hamidah resmi dipecat sebagai kader Partai Amanat Nasional (PAN). Pada Pilpres 2014 Wanda lebih mendukung pasangan Jokowi-JK ketimbang sang Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Dalam akun twitter @wanda_hamidah, mantan anggota DPRD DKI Jakarta itu mengunggah foto sebuah surat bertuliskan pemberhentian tetap Wanda Hamidah sebagai kader PAN.

Dalam foto surat yang tidak sepenuhnya terekam kamera itu, terdapat sedikitnya 3 alasan menyangkut pemberhentian tetap Wanda sebagai kader PAN.

Pertama, DPP PAN menimbang bahwa sesuai Anggaran Rumah Tangga (ART) PAN Bab XVII Pasal 71 ayat (1) dinyatakan penentuan Calon Presiden dan/atau Calon Wakil Presiden yang diajukan partai dalam pemilihan Presiden/Wakil Presiden ditetapkan dalam Rakernas yang khusus dilakukan untuk itu.

Kedua, DPP PAN menimbang bahwa Rakernas PAN tahun 2014 yang dilaksanakan 14 Mei 2014 di Jakarta telah menetapkan saudara Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden dan saudara Hatta Rajasa sebagai Calon Wakil Presiden RI dalam Pilpres 2014.

Ketiga, DPP PAN menimbang bahwa Saudara Wanda Hamidah sebagai Kader PAN telah terbukti mendukung dan melakukan kampanye kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden bukan Hasil Keputusan Rakernas PAN Tahun 2014.

Atas pemecatannya itu, Wanda akan memberikan pernyataan resmi pada Selasa (16/9/2014) siang.

"InsyaAllah saya akan bicara kepada pers mengenai hal ini," ujar Wanda.

Dalam Pilpres 2014 Wanda Hamidah memang berbeda pandangan politik dengan partai tempatnya bernaung. Wanda memilih mendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, ketimbang pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.