Sukses

Yuk... Nikmati Kaki Lima Night Market Malam Ini

Kaki Lima Night Market yang biasanya digelar setiap akhir pekan, mulai awal Januari lalu dihentikan sementara waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Kaki Lima Night Market akan kembali digelar hari ini, setelah sempat tertunda selama 9 bulan. Sebanyak 400 pedagang yang telah lolos verifikasi akan memeriahkan acara yang digelar di depan kantor Balaikota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas KUMKMP DKI Joko Kundaryo mengatakan, tertundanya pelaksanaan Kaki Lima Night Market ini akibat lamanya proses lelang. Dia memastikan kegiatan tersebut akan sama seperti sebelumnya yang menyajikan aneka macam produk kreatif, fashion, hiburan, dan kuliner.

"Tertunda karena proses lelang. Sabtu 13 September ini sudah bisa digelar," kata Joko saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (13/9/2014).

Joko menjelaskan, yang berbeda pada pelaksanaan Kaki Lima Night Market kali ini, semua transaksi jual beli akan dilakukan secara nontunai melalui Bank DKI. Pengunjung nantinya diwajibkan untuk membeli e-card yang di dalamnya terdapat sejumlah saldo.

Tak hanya di depan Balaikota, kelima wilayah kota Jakarta juga akan mengadakan kegiatan serupa, hanya saat ini masih dalam tahap lelang. Lokasi pelaksanaan ditentukan oleh masing-masing wilayah.

"Di wilayah masih proses lelang. Tapi khusus yang di Jakarta Utara sudah selesai lelang, bahkan sudah digelar sebanyak dua kali," jelas Joko.

Joko mengatakan, anggaran yang disedikan untuk kegiatan tersebut mencapai Rp 11,2 miliar untuk pelaksanaan 52 kali. Seharusnya untuk sekali gelaran Kaki Lima Night Market menghabiskan Rp 80 juta. Namun karena pelaksanaannya mundur, maka dipastikan akan ada kelebihan anggaran yang akan dikembalikan ke kas negara.

Kaki Lima Night Market yang biasanya digelar setiap akhir pekan, mulai awal Januari lalu dihentikan sementara waktu lantaran belum selesainya proses lelang penyelenggara atau event organization (EO). Kali ini anggaran yang digunakan lebih hemat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 150 juta untuk sekali pelaksanaan. Sebab pada tahun ini Dinas KUMKMP telah memiliki tenda-tenda sendiri. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini