Sukses

KTP dengan Foto Hanoman Gegerkan India

Hanoman merupakan tokoh dalam kisah Ramayana, yang merupakan dewa berwajah monyet dan berekor panjang

Liputan6.com, New Delhi - Sebuah kartu identitas sejenis KTP ditemukan dengan foto berwajah hanoman telah menggegerkan India. Aparat Negeri Gangga kini tengah menyelidikinya.

Seperti dimuat BBC, Sabtu (13/9/2014), dalam kartu pengenal tersebut terlihat foto Hanoman yang mengenakan perhiasan emas, mutiara, dan mahkota. Selain itu, ada nomor telepon genggamnya dan sebuah alamat di Negara Bagian Rajashtan.

KTP itu diantarkan oleh seorang tukang pos ke suatu alamat. Namun pada kenyataannya, si pengantar itu tak menemukan tempat yang dimaksud. Alamat tersebut ternyata fiktif.

Ketika melihat lebih saksama, barulah disadarinya bahwa kartu pengenal itu hanya lelucon saja namun tidak diketahui pindaian mata dan sidik jari siapa yang ditaruh di kartu.

Kini kartu dengan foto Hanoman itu sudah dikembalikan ke kantor Identifikasi India, UIDAI. Kantor lokal dan operator yang mengeluarkan kartu sudah diketahui dan sudah mendapat sanksi.

"Ini jelas kesalahan yang disengaja oleh operator. Dia akan diberhentikan dari pekerjaan dan kantornya akan mendapat sanksi," ujar Wakil Dirjen UDAI, Ashok Dalwai.

India melancarkan kampanye kartu identitas pada tahun 2010 untuk menghindari penipuan, juga sebagai akses dalam mendapatkan tunjangan sosial dari negara.

Hanoman merupakan tokoh dalam kisah Ramayana, yang merupakan dewa berwajah monyet dan berekor panjang. Dia dikenal sebagai putra Pawan-ji karena dalam mitologi Hindu. Banyak kuil yang didedikasikan untuk kera putih bertubuh manusia ini di berbagai pelosok India. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.