Sukses

200 Bus Transjakarta Tak Laik Operasi

Hanya 450 bus Transjakarta saja yang berada dalam kondisi baik.

Liputan6.com, Jakarta - Dari 700 unit bus Transjakarta yang beroperasi di 12 koridor, 200 di antaranya harus diganti. Sementara hanya 450 saja yang berada dalam kondisi baik. Dan sisanya berada dalam kondisi sedang.

"Transjakarta itu sekarang punya 700 bus di mana sekitar 450 bus yang oke dan 200 bus harus diganti," kata Direktur Utama PT Transjakarta, Antonius Kosasih di Balaikota Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Jumlah ideal armada Transjakarta, menurut Kosasih, sebanyak 1.300 unit. Dengan jumlah itu, Transjakarta dapat maksimal melayani penumpang.

Dia menargetkan, 2 tahun ke depan PT Transjakarta akan membeli sekitar 850 bus. Namun sebelum pengadaan, pihaknya akan menyiapkan spesifikasi bus yang memiliki standar internasional.

"Standarnya harus internasional. Nah kalau sekarang, kita samakan dulu standarnya, setelah semua sama, saya akan dapat kualitas dan dukungan sama," ucap Kosasih.

Pembelian bus kali ini pun akan melihat ketersediaan suku cadang di Indonesia. Sehingga jika nantinya ada kerusakan bisa cepat diperbaiki. Hal tersebut juga disampaikan kepada operator. Karena sebagian pengadaan bus juga akan dilakukan oleh operator. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta