Sukses

Jokowi: Ahok Mundur dari Gerindra Tak Ganggu Pemerintahan

Jokowi yakin Ahok mundur dari Partai Gerindra tidak akan mendapat ganjalan di DPRD DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo meyakini mundurnya Ahok dari Partai Gerindra tidak akan menemui hambatan yang berarti saat Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta nanti. Ia juga yakin Ahok tidak akan mendapat ganjalan di DPRD.

"Ndak, saya rasa ndak. Karena kan orientasinya jelas," ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/9/2014). ‎

Jokowi pun meyakini, walau nantinya memutuskan untuk tidak berpartai, Ahok tidak akan mendapatkan kesulitan berarti dari DPRD. Menurutnya, bila kebijakan yang diambil Ahok untuk menyejahterakan warga Jakarta, maka dalam kondisi apapun, para anggota dewan akan mendukungnya.

"Karena Kita itu harus orientasi ke masyarakat. Orientasi ke rakyat, ke kota saya rasa tidak masalah," kata dia. ‎

Jokowi pun mengaku, antara dirinya dan Ahok telah sepakat untuk memisahkan mana persoalan yang dapat dibicarakan, seperti persoalan mengenai Pemprov DKI atau yang terkait masalah politik.

"Kita ini memisah, kapan kita sebagai gubernur dan wagub, kapan kita berada di wilayah partai, selalu kita pisahkan," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Ahok menyatakan akan mengirimkan surat pengunduran diri kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra. Hal itu sebagai bukti keseriusannya melepas status sebagai kader Gerindra karena ketidaksamaan pandangan terkait Rancangan Undang-undang (RUU) Pilkada.

"Hari ini saya akan siapkan suratnya kirim ke DPP, untuk nyatakan keluar dari Partai Gerindra," tegas pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama itu di Balaikota Jakarta.

Menurut Ahok, Partai Gerindra sudah tidak sejalan lagi dengan dirinya. Sebab, partai berlambang kepala garuda itu mendukung kepala daerah dipilih oleh DPRD. Sementara dirinya secara pribadi menolak perubahan mekanisme itu karena menganggap akan merugikan rakyat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia
    Gerindra ialah sebuah partai politik di Indonesia

    Gerindra