Sukses

Mengenang 10 Tahun Munir, UNDIP Gelar Pameran Kartun

Setidaknya ada 15 hasil karya yang terpampang di pameran ini.

Citizen6, Semarang Munir Said Thalib, merupakan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) yang tewas dibunuh pada 7 September 10 tahun lalu. Kasus kematian Munir yang sampai saat ini belum terungkap, menjadi perhatian bagi banyak orang, bahkan dunia. 

Berkat upaya dan jasanya yang telah membantu memperjuangkan HAM, Munir diusulkan menjadi pahlawan nasional. Oleh sebab itu, sejak 2005 tanggal kematian Munir dicanangkan sebagai Hari Pembela HAM Indonesia.

Memperingati 10 tahun kematian Munir, Universitas Diponegoro Semarang menggelar pameran kartun, hasil karya seniman alumnus STSI Solo (sekarang ISI Surakarta) yaitu, Saifuddin Hafiz. Pameran yang resmi dibuka pada Minggu (7/9) malam tadi ini, berlokasi tepat di Gedung Notariat, Komplek Auditorium Undip. 

Setidaknya ada 15 hasil karya yang terpampang di pameran ini. Sang seniman, Hafiz, telah mengerjakan karyanya tersebut sejak Oktober 2012 hingga Mei 2014. Selama dua tahun itu, Hafiz memang mendedikasikan hidupnya untuk Munir. Hafiz mengatakan, karyanya merupakan sebuah pernghormatan untuk Munir yang menurutnya ialah pejuang hak asasi manusia terpenting di negeri ini.

Di lain tempat, pada waktu yang sama para sineas Indonesia juga berkumpul di Omah Munir Batu, Jawa Timur dalam peringatan 10 tahun Munir. Mereka tengah menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk “Film dan Perjuangan Melawan Lupa”. Di tengah diskusi tersebut, para sineas juga berencana akan membawa kisah Munir ke dalam sebuah film.

Menurut Mira Lesmana, melalui film ini diharapkan dapat menjadi medium baru untuk mendekatkan pada pengungkapan kasus ini. Dalam kesempatan yang sama, Riri Reza juga mengatakan, peringatan 10 tahun Munir ini merupakan moment yang penting bagi masyarakat untuk menyegarkan kembali ingatan kita mengenai kasus ini.

Penulis: Ike Nurjanah
Facebook    : Ikee Nurjanah
Twitter     : @ikeeikukk

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.