Sukses

Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran

Hanya dalam waktu 1 jam saja, lebih dari 50 hektare hutan ludes dilalap si jago merah.

Liputan6.com, Situbondo - Tiupan angin kencang dan keringnya dedaunan pohon jati di hutan lindung Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur mengakibatkan api semakin membesar. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (7/9/2014), daun kering yang terbakar dan tertiup angin mengakibatkan kebakaran semakin meluas.

Hanya dalam waktu 1 jam saja, lebih dari 50 hektare hutan ludes dilalap si jago merah. Walau lokasi kebakaran hanya 2 kilometer dari Kantor Taman Nasional Baluran, tidak ada pihak dari taman nasional yang berupaya memadamkan api. 

Pihak taman nasional hanya menurunkan beberapa petugas untuk melakukan pemadaman api. Itu pun hanya dengan menggunakan alat seadanya. Padahal taman nasional memiliki beberapa kendaraan taktis pemadam kebakaran.

Saat musim kemarau kali ini, sudah 10 kali kebakaran melanda sejumlah lokasi di Taman Nasional Baluran. Penyebabnya sebagian besar karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab, bukan karena faktor alam.

Kebakaran itu mengancam habitat hutan di Taman Nasional Baluran dan mengganggu para pengguna jalan di jalur pantura Situbondo.

Baca Juga:

3 'Kapal Cumi' Dilalap Api di Pluit

Palangkaraya Masih Diselimuti Asap Kebakaran Lahan

Kabut Asap Menebal di Sampit, Masker Laris Manis

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini