Sukses

Demi Air Bersih, Warga di Kulon Progo Berjalan Kaki 4 Km

Kekeringan parah melanda sejumlah tempat di tanah air. Salah satunya terjadi di 3 kecamatan di Bondowoso, Jawa Timur.

Liputan6.com, Kulonprogo - Kekeringan parah melanda sejumlah tempat di tanah air. Salah satunya terjadi di 3 kecamatan di Bondowoso, Jawa Timur.

Akibat hujan tidak turun selama 3 bulan, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (1/9/2014), membuat warga di Kecamatan Cerme, Botolinggo, dan Klabang kesulitan mendapatkan air bersih. Hampir seluruh sumur mengering.

Kini mereka lebih banyak mengandalkan tandon air bersih bantuan dari pemerintah. Sejak pagi mereka harus antre di sekitar tandon, namun warga tak selalu mendapatkan yang diinginkannya.

Sulitnya mendapatkan air juga berdampak pada ternak warga. Rumput segar yang tidak tumbuh membuat peternak memberi pakan berupa jerami atau rumput kering.

Namun tidak bagi warga Banjaroyo Kalibawang di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketimbang menunggu bantuan pemerintah mereka memilih mendatangi sumber air.

Walau harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 4 Km, mereka tak segan membawa jeriken yang mampu menampung 20 liter air.

Tak mengherankan bila kini pemandangan pagi hari diwarnai dengan ibu-ibu yang  mencari air bersih untuk memasak, minum, mandi, dan mencuci di sungai. Tapi itu pun kini tak mudah karena sungai pun kini mengering.

Kesulitan warga direspons cepat oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana). Setiap hari mereka mengirim truk berkapasitas 5 ribu liter.

Namun warga harus berhemat karena pengiriman itu harus dilakukan bergiliran dengan desa lain. Dengan demikian, baru satu pekan kemudian mereka mendapatkan lagi jatah air bersih. (Yus)

Baca juga:

Kekeringan Landa 8 Daerah di Aceh, Produksi Padi Turun

Kelelahan, Seorang Wanita Pingsan Saat Antre BBM di Probolinggo

Pengeroyokan Berujung Maut di Tanjung Priok Terekam CCTV

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.