Sukses

Jokowi dan Mantan PM Jepang Pantau Pembangunan MRT

Jokowi mengatakan, kedatangan Fukuda dalam rangka meninjau kerja sama investasi, khususnya di bidang transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (1/9/2014). Kedatang Fukuda untuk memantau perkembangan pengerjaan proyek transportasi massal MRT Jakarta.

Fukuda tiba di Balaikota pada pukul 09.30 WIB, Fukuda yang mengenakan jas itu langsung ‎masuk ke ruang tamu Gubernur melakukan pertemuan tertutup dengan Jokowi. Fukuda datang bersama beberapa stafnya.

Selang 20 menit, Jokowi dan Fukuda kemudian keluar. Keduanya menuju kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk meninjau proses pembangunan Mass Rapid Transit Transit (MRT).

Tiba di lokasi, keduanya langsung mengenakan helm pelindung. Jokowi dan Fukuda melihat-lihat perkembangan pembangunan bernilai triliunan rupiah itu sambil mendengar penjelasan dari Dirut PT MRT Dono Bustami.

Jokowi mengatakan, kedatangan Fukuda dalam rangka meninjau kerja sama investasi, khususnya di bidang transportasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Indonesia.

"Investasi di Indonesia baik yang infrastruktur laut, kereta api, dan MRT. Ini kita ingin melihat lapangan, di sini ada Dirut MRT, dan dia (Fukuda) sangat mendukung‎," ujar Jokowi.

Dengan kedatangan Fukuda, Jokowi berharap ke depan hubungan kerja sama bidang investasi dengan pemerintah Jepang dapat terus ditingkatkan. Khususnya pada investasi bidang industri, infrastruktur laut, kereta api, dan energi. Ia pun menilai kunjungan Fukuda ini sangat berarti dalam melanjutkan hubungan investasi ke depan antara kedua negara.

"Ya tentunya pertemuan tadi sangat fundamental untuk kita meneruskan hubungan baik dengan Jepang. Ya MRT dan ekonomi," ucap Jokowi.

Fukuda yang ada di dekat Jokowi mengatakan, pembangunan MRT Jakarta merupakan suatu pembangunan sistem transportasi yang tidak hanya bermanfaat bagi warga Jakarta, namun juga warga Indonesia secara keseluruhan.

"Proyek ini bukan hanya perkembangan Jakarta, tapi seluruh Indonesia," kata Fukuda. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini