Sukses

320 Calon Jamaah Haji NTB Berangkat ke Tanah Suci

Jumlah semua calon jamaah haji asal NTB yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini 3.596 orang. Seluruh jamaah dibagi menjadi 11 kloter.

Liputan6.com, Mataram - Sebanyak 320 Jamaah haji kloter pertama Embarkasi Lombok (LOP), Nusa Tenggara Barat (NTB) diberangkatkan pagi hari ini ke tanah suci, Arab Saudi.  

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi NTB Usman mengatakan, seluruh jamaah haji yang berangkat pada kloter pertama ini berasal dari Kabupaten Lombok Timur, ditambah petugas kloter sebanyak 5 orang.

"Jumlah keseluruhan 325 jamaah, 5 orang adalah petugas kloter yang akan mendampingi mereka selama di tanah suci," kata Usman di Mataram, Lombok, Senin (1/9/2014).

Dia menambahkan, jumlah semua calon jamaah haji asal NTB yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini 3.596 orang. Seluruh jamaah dibagi menjadi 11 kloter, dengan jumlah petugas tiap-tiap kloter 5 orang.

"Jumlah calon jamaah haji 3.596 ditambah 55 orang petugas," jelas Usman.

Jamaah haji kloter pertama ini berangkat dari Bandara International Lombok (LOP) menuju Jeddah, pukul 10.50 Wita, menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 5101. Rencananya kembali ke tanah air pada 10 Oktober 2014.

Pada kloter pertama ini, 2 calon jamaah haji batal berangkat menuju Mekah untuk melaksanakan ibadah haji. Keduanya adalah Muhammad Ali bin Said dan Nurhasanah.

Menurut Usman, keduanya batal berangkat karena satu meninggal dunia dan satunya lagi tertahan visanya.

"Muhammad Ali bin Said meninggal karena serangan jantung saat hendak berangkat menuju Asrama Haji. Sementara atas nama Nurhasanah mengalami masalah pada visa," ujar Usman.

Usman mengatakan, pihaknya telah mengganti calon jamaah haji yang meninggal dengan calon jamaah haji asal Mataram. Sementara Nurhasanah akan diberangkatkan pada kloter kedua. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini