Sukses

Mahfud MD Tak Berniat Calonkan Diri Jadi Ketua Umum PKB

Menurut Mahfud, Muhaimin Iskandar pasti akan terpilih kembali untuk menduduki posisi ketua umum PKB.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan tak berniat mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebab menurutnya, Muhaimin Iskandar pasti akan terpilih kembali untuk menduduki posisi Ketua Umum. Pasalnya, ia menilai Muhaimin yang dikenal dengan sapaan Cak Imin lebih memiliki peran dalam meningkatkan perolehan suara PKB pada Pemilu 2014.

"Tidak (calonkan diri sebagai Ketua Umum PKB). Karena dia (Cak Imin) yang menang dalam pilihan politiknya. Ya fatsun (aturan tidak tertulis) politik saya mengatakan Muhaimin berhak untuk menentukan," ujarnya di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (31/8/2014).

Namun, ketidakhadirannya pada Muktamar PKB di Surabaya hari ini bukan karena dia tak mencalonkan diri sebagai Ketua Umum, melainkan dia harus menghadiri Halal Bihalal Sahabat Mahfud MD dan Warga Madura di Ballroom Hotel NAM Center Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, malam ini.

"Saya ada acara lain menjadi tuan rumah halal bi halal," jelasnya.

PKB menggelar forum Muktamar untuk memilih ketua umum baru di Surabaya, Jawa Timur. Namun hingga saat ini, PKB hanya memiliki kandidat tunggal, yakni Muhaimin Iskandar yang juga merupakan Ketua Umum PKB saat ini.

Hampir serupa dengan partai-partai lainnya, pemilihan Ketua Umum di PKB ditentukan oleh 33 Dewan Perwakilan Wilayah dari setiap provinsi. Nantinya, akan digelar musyawarah tertutup di mana setiap daerah memberikan nama-nama yang akan mereka calonkan. Atau bisa juga sebaliknya, mereka yang akan mencalonkan diri memberikan nama kepada 33 DPW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.