Sukses

Pemilihan Ketum Baru PKB Digelar Hari Ini

Hingga saat ini, PKB hanya memiliki kandidat tunggal, yakni Muhaimin Iskandar.

Liputan6.com, Surabaya - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar forum Muktamar untuk memilih ketua umum baru di Surabaya, Jawa Timur, hari ini, Minggu (31/8/2014). Namun hingga saat ini, PKB hanya memiliki kandidat tunggal, yakni Muhaimin Iskandar yang juga merupakan Ketua Umum PKB saat ini.

Hampir serupa dengan partai-partai lainnya, pemilihan Ketua Umum di PKB ditentukan oleh 33 Dewan Perwakilan Wilayah dari setiap provinsi. Nantinya, akan digelar musyawarah tertutup di mana setiap daerah memberikan nama-nama yang akan mereka calonkan. Atau bisa juga sebaliknya, mereka yang akan mencalonkan diri memberikan nama kepada 33 DPW.

"Sejauh ini, baru nama saya yang dimunculkan oleh daerah-daerah," kata Muhaimin dalam acara pra-muktamar di Hotel Empire Palace, Surabaya, Sabtu 30 Agustus.

Meski menjadi kandidat tunggal, pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut sebenarnya berharap agar DPW dapat memunculkan nama-nama alternatif lainnya. Dia mengaku senang jika ada sosok lain yang mampu melanjutkan tampuk kekuasaan di PKB.

"Kalau hari ini DPW menghendaki saya kembali sebagai Ketum, saya sebagai kader tidak bisa mengelak, meskipun ada yang lebih baik dari saya," ujar Cak Imin.

Ketua DPP PKB Marwan Djafar sebelumnya mengatakan, munculnya nama Muhaimin sebagai satu-satunya calon kuat, bukan tanpa alasan. Marwan menjelaskan, selama memimpin, kinerja Muhaimin sudah terbukti membawa pengaruh bagi partai.

Perolehan suara PKB naik signifikan pada pemilu legislatif lalu. Di pilpres, Muhaimin juga telah membawa PKB mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla yang akhirnya menang dan ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

"Beliau berhasil mengkonsolidasi kekuatan yang lama balik lagi, mampu membangun soliditas partai dari pusat ke daerah," ujarnya di DPR beberapa waktu yang lalu.

Muktamar PKB akan dibuka pukul 09.00 WIB. Sejumlah tokoh nasional, tokoh agama, pimpinan partai politik, hingga artis ibu kota akan hadir meramaikan acara. Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) juga dijadwalkan hadir untuk memberikan pembekalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini