Sukses

Permukiman Warga Kampung Pulo Giliran Ditertibkan Pekan Depan

Belasan bangunan yang akan dibongkar berada dalam radius 20 meter dari bibir Kali Ciliwung.

Liputan6.com, Jakarta - Pembongkaran 13 toko di Jalan Jatinegara, Jakarta Timur akan ditindaklanjuti dengan rencana penertiban pada permukiman warga di Kampung Pulo. Penertiban ini akan dilakukan pekan depan.

Camat Jatinegara Syofian Taher mengatakan, belasan bangunan yang akan dibongkar berada dalam radius 20 meter dari bibir kali. Rencananya, lahan yang ditempati toko-toko tersebut akan dibangun jalan inspeksi untuk Kali Ciliwung.

"Bentuknya trase (jalur) kering. Nanti akan dibangun taman juga," kata Syofian di lokasi, Rabu (27/8/2014).

Untuk permukiman di Kampung Pulo, kata Syofian, pekan depan akan dilayangkan surat perintah pembongkaran bagi 531 bangunan di RW 01 hingga RW 03, Kampung Melayu.

Dari wilayah itu, tak kurang dari 940 kepala keluarga atau sekitar 2.700 jiwa yang bermukim di Kampung Pulo akan direlokasi secara bertahap ke beberapa rusunawa yang tersedia.

Sejauh ini, kata Syofian, terdapat 100 warga Kampung Pulo yang sudah mendaftar untuk direlokasi ke Rusunawa Cipinang Besar Selatan.

"Setelah warga direlokasi ke rusun, bangunannya kami bongkar secara bertahap. Di Rusunawa Cipinang Besar Selatan ada 100 unit dan 200 unit di Jatinegara Kaum untuk warga Kampung Pulo. Sisanya akan direlokasi ke Rusun Jatinegara yang saat ini masih dalam tahap pembangunan," tutur Syofian.

Namun menurut Ketua RT 04/03 Kelurahan Kampung Melayu Usep Tahrudin, sejauh ini warga di wilayahnya belum bersedia direlokasi. Hal itu lantaran warga belum mendapat kepastian terkait penggantian yang akan diterima.

"Ganti untungnya saja belum dibayarkan, jadi warga nggak mau pindah," kata Usep.

Dalam rapat-rapat yang dilakukan di Kelurahan Kampung Melayu, maupun Kecamatan Jatinegara, menurut dia, belum membahas dan belum ada sosialisasi mengenai persoalan ganti rugi untuk warga yang terdampak normalisasi.

Sejauh ini, pertemuan yang dihadirinya hanya terkait dengan pembongkaran belasan ruko di sisi Jalan Jatinegara Barat. "Di rapat itu hanya diinfokan besok mengenai pertokoan di bantaran Kali Ciliwung yang akan dibongkar," ucap Usep. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.