Sukses

Kura-kura Berkepala Dua Ditemukan di Penangkaran AS

Keberadaan kura-kura berkepala dunia merupakan hal yang luar biasa atau jarang terjadi.

Liputan6.com, Amagon - Seekor bayi kura-kura berkepala dua ditemukan di Amagon, Arkansas, Amerika Serikat. Hewan langka tersebut ditemukan di penangkaran NEA Amagon.

Seperti dimuat Miami Herald, Selasa (26/8/2014), reptil berkepala dua itu terlihat oleh seorang pekerja penangkaran di antara 30 ribu kura-kura lainnya. Ribuan kura-kura tersebut rencananya akan dikirim ke China.

"Sebelumnya kami juga sempat menemukan kura-kura berkepala dua, namun dia mati. Ada juga kura-kura yang kami temukan tanpa ekor dan kelebihan kaki," ujar pekerja tersebut.

Menurut seorang pakar biologi di Amagon, keberadaan kura-kura berkepala dunia merupakan hal yang luar biasa atau jarang terjadi. Tapi dia yakin kura-kura dengan kondisi serupa bakal banyak ditemukan.

"Jadi nanti hal tersebut menjadi hal yang umum," kata pekerja tersebut.

Belum diketahui kura-kura itu akan tetap dibawa ke China atau dijual. Namun menurut pekerja penangkaran, kemungkinan besar kura-kura itu bakal dijadikan bahan penelitian atau objek studi ilmuwan dan mahasiswa setempat.

Kura-kura berkepala dua sebelumnya juga ditemukan di Texas. Reptil berkepala dua menetas di Kebun Binatang San Antonio di Texas pada Juli 2013 lalu.

Selain memiliki 2 kepala, anggota tubuh lain si reptil lainnya berjumlah normal. Pejabat kebun binatang pun menamai reptil langka itu Thelma dan Louise.

Namun keberadaan reptil berkepala dua itu sebenarnya tak asing di kebun binatanag San Antonio sebab tempat tersebut pernah menampung ular dan tikus berkepala 2 bernama Janus dari tahun 1978 yang mati pada 1995. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini