Sukses

Kemenag Luncurkan Buku Manasik Haji Versi Android

Lukman berharap, dengan adanya panduan haji aplikasi android akan lebih membantu pada jamaah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Mulai tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) ingin mencoba terobosan baru untuk menghadapi musim haji 2014. Salah satunya, mereka akan membuat buku panduan manasik haji versi aplikasi android.

"Tahun ini kami coba terobosan selain buku manasik yang biasa dikalungkan. Kami juga ingin buku ini diakses di android," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VIII, di DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/8/2014).

Lukman berharap, dengan adanya panduan haji aplikasi android akan lebih membantu pada jamaah haji. Sebab menurutnya, jamaah hanya tinggal membuka buku manasik dari telepon genggam berbasis android.

Lukman menambahkan, aplikasi ini tengah digodok oleh pihaknya. Ia pun berharap agar aplikasi ini segera dapat diluncurkan ke publik. "Mudah-mudahan dalam hitungan hari, atau minggu buku itu bisa dioperasikan," harap dia.

Masih menurut Lukman, aplikasi tersebut akan melengkapi beberapa pelatihan bagi jamaah yang telah ada. Lukman menyebutkan, ada sekitar 10 sesi latihan yang diberikan kepada mereka.

"Bimbingan ibadah haji dilakukan secara langsung dan tidak langsung sebanyak 10 kali. Dari tingkat kecamatan tujuh kali. Di kabupaten tiga kali," tandas Lukman. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini