Sukses

Golkar Jagokan Setya Novanto Jadi Ketua DPR RI

Perubahan yang terjadi dalam UU MD3 membuat pimpinan DPR tidak lagi otomatis dijabat politisi dari partai pemenang Pileg.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan yang terjadi dalam UU MD3 membuat pimpinan DPR tidak lagi otomatis dijabat politisi dari partai pemenang Pileg, melainkan dipilih oleh para anggota DPR itu sendiri. Partai Golkar sebagai peringkat kedua dalam Pileg lalu pun menyiapkan jagonya.

"Ketua Umum belum memutuskan, tapi memang figur kuat Setya Novanto," kata Jubir Partai Golkar Tantowi Yahya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Tantowi menuturkan, Ketua Fraksi Golkar tersebut memang kandidiat kuat, tapi keputusan belum final karena masih ada nama-nama lain yang diperhitungkan. Misalnya saja, masih ada Waketum Golkar Fadel Muhammad yang patut diperhitungkan.

Sementara itu, PAN juga tak mau ketinggalan untuk menjagokan kandidat dalam proses pemilihan Ketua DPR baru. Setidaknya ada 2 nama besar yang akan diusung.

"Mungkin kalau dari PAN cukup senior itu Pak Zulkifli Hasan atau Pak Taufik Kurniawan," kata Ketua Fraksi PAN DPR Tjatur Sapto Edi.

2 Tokoh tersebut dipandang punya pengalaman politik. Zulkifli Hasan kini menjabat Menteri Kehutanan. Sedangkan Taufik Kurniawan merupakan Sekjen PAN.

"Pak Zulkifli mantan Sekjen PAN, Pak Taufik kurniawan sekarang Sekjen‎ PAN," tandas Tjatur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini