Sukses

Tren Tantangan Mandi Es, dari Bill Gates hingga Barack Obama

Tantangan ice bucket challenge ini digagas oleh sebuah yayasan yang mengumpulkan dana untuk penelitian penyakit Amyotropic Lateral Sklerosis

Liputan6.com, California - Sebuah tantangan diguyur air es kini tengah menjadi tren di sejumlah wilayah di Amerika Serikat. Tantangan tersebut bahkan melibatkan tokoh-tokoh besar dari kalangan pengusaha, selebriti, atlet, hingga pejabat negara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (18/8/2014), salah satunya dilakukan oleh pendiri perusahaan besar Bill Gates. Seember air es membasahi tubuhnya setelah pendiri Microsoft itu menyebut 3 nama yang wajib meniru aksinya sebagai sebuah tantangan.

"Saya menantang 3 orang yakni Elons Musk, Ryan Seacrest, dan Chris Anderson dari TED. Kalian punya waktu 24 jam. Semoga beruntung!" ucap Bill Gates.

Gates sendiri melakukan aksinya setelah ditantang Mark Zuckerberg sang pendiri jejaring sosial Facebook. Sebelumnya, Mark juga melakukan aksinya setelah ditantang oleh Gubernur New Jersey Chris Christie.

Tantangan mandi es alias ice bucket challenge juga dijabani sejumlah selebriti di Amerika. Seperti yang dilakukan para pemeran serial televisi Grey's Anatomy ini. Selain itu, penyanyi belia Demi Lovato bahkan menerima guyuran air es sebanyak 5 ember sekaligus.

Tantangan ini juga menimpa ratu talkshow Oprah Winfrey. Setelah melakukan aksinya, Oprah kemudian menantang sutradara Steven Spielberg dan aktris Inggris pemeran Ratu Elizabeth, Dame Hellen Mirren.

Di dunia olahraga, bintang klub raksasa Real Madrid Cristiano Ronaldo juga melakukan hal yang sama. Ia mandi air es di tempat latihan Real Madrid, Valdebebas setelah menerima tantangan dari mantan rekan setimnya di Manchester United Darren Fletcher.

Dalam aksinya itu, Ronaldo juga menantang penyanyi Jennifer Lopez, Beyonce, dan Lil Wayne untuk melakukan hal yang sama.

Keluarga besar mantan Presiden Amerika Serikat Kennedy juga tak ketinggalan untuk berpartisipasi. Anggota keluarga tertua Ethel Kennedy bahkan menantang Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk mandi es setelah melakukan aksinya.

"Selamat datang di cape cod, Presiden Obama. Saya menantang anda" kata Ethel.

Namun presiden Barack Obama dikabarkan menolak tantangan itu dan lebih memilih menyumbang US$ 100 bagi yayasan penyakit Amyotropic Lateral Sklerosis (ALS).

Tantangan ice bucket challenge digagas oleh sebuah yayasan yang mengumpulkan dana untuk penelitian ALS atau penyakit syaraf degeneratif. Penyakit ini ditandai dengan melemahnya fungsi otot, kesulitan berbicara, kesulitan menelan, hingga kesulitan bernapas.

Orang yang terkena tantangan ini harus merespon dalam waktu 24 jam. Penerima tantangan berhak menantang 3 orang lainnya dan harus mengunggah rekaman aksinya ke internet kemudian menyumbang US$ 10 untuk yayasan ALS. Sedangkan penolak tantangan diwajibkan menyumbang US$ 100. (Ali)

Baca juga:

Jawab Tantangan Kapten MU, Ronaldo Tantang J-Lo Mandi Es

Justin Bieber Tantang Barrack Obama Siram Air Es

Obama Ditantang Mandi Es untuk Bantu Penderita ALS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini