Sukses

SBY: 69 Tahun Kemerdekaan Momen Gelorakan Semangat Bangsa

Ini merupakan yang terakhir kali bagi SBY merayakan hari merdeka sebagai Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini, Minggu (17/8/2014).

Lewat akun Twitternya, SBY menyatakan hari kemerdekaan ini merupakan momen untuk membangkitkan semangat segenap rakyat Indonesia.

"Dirgahayu RI! Jadikan 69 tahun kemerdekaan Indonesia sebagai momentum untuk gelorakan semangat dalam memajukan bangsa & negara. *SBY*," kicau @SBYudhoyono, Minggu (17/8/2014).

SBY memimpin upacara negara HUT ke-69 RI di Istana Negara hari ini. Ini merupakan yang terakhir kali bagi SBY merayakan hari merdeka sebagai Presiden.

Dalam Pidato Kenegaraan dan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) di hadapan anggota DPR dan anggota DPD RI menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI, pada Jumat 15 Agustus lalu, SBY mnyampaikan salam perpisahan.

"Hari ini, saya berdiri di mimbar yang mulia ini dengan seribu perasaan yang sulit saya lukiskan. Sudah dapat dipastikan, inilah terakhir kalinya saya berpidato di tempat yang terhormat ini sebagai Presiden Republik Indonesia.

Walaupun ini adalah pidato yang ke-10, perasaan saya sebenarnya sama dengan sewaktu pertama kali berdiri di sini tahun 2005: penuh semangat dan tekad, untuk berbuat yang terbaik dan memberikan segalanya kepada bangsa dan negara.

Dalam 10 tahun terakhir, saya telah mencoba mendedikasikan seluruh jiwa dan raga untuk Indonesia. Terlepas dari berbagai cobaan, krisis dan tantangan yang saya alami, tidak pernah ada satu menit pun saya merasa pesimis terhadap masa depan Indonesia. Dan tidak pernah satu menit pun saya merasa tergoda untuk melanggar sumpah jabatan dan amanah rakyat kepada saya sebagai Presiden.

Tanggung jawab saya pada akhirnya bukanlah kepada partai politik, bukanlah kepada parlemen atau pemerintah atau suatu kelompok, namun kepada Republik, kepada rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya, kepada sejarah, dan tentunya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.