Sukses

Hormati Bung Karno, Pencinta Alam di Bengkulu Kibarkan Bendera Raksasa

"Sejarah Sang Saka Merah Putih mencatat bahwa yang menjahitnya adalah putri Bengkulu Ibu Fatmawati," ujar Jaya Martha.

Liputan6.com, Bengkulu - Peringatan Hari Kemerdekaan ke-69 RI diwarnai dengan menaikkan bendera berukuran besar, yakni 10x15 meter, di Bengkulu. Bendera raksasa itu dikibarkan di rumah pengasingan Bung Karno.

Upacara yang digagas Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Bengkulu ini diikuti ratusan pemuda pencinta alam se-Provinsi Bengkulu.

Ketua FPTI Bengkulu Jaya Martha, yang bertindak sebagai pemimpin upacara mengatakan, pengibaran bendera jumbo ini digelar karena FPTI ingin memberikan kesan kebesaran dalam menghormati sang prokamator, Presiden Sukarno.

"Sejarah Sang Saka Merah Putih mencatat bahwa yang menjahitnya adalah putri Bengkulu, Ibu Fatmawati," ujar Jaya Martha, Minggu (17/8/2014).

Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Bachtiar Nadjamudin yang hadir di acara itu mengatakan, salah satu cara untuk menghomati nilai perjuangan merebut kemerdekaan adalah dengan tetap mengibarkan panji kebesaran negara.

"Bendera yang dikibarkan ini adalah salah satu yang terbesar di Indonesia. Kita ingin mengatakan kepada seluruh bangsa bahwa kami bangga memiliki pemimpin besar revolusi Bung Karno dan Merah Putih adalah harga mati," kata Sultan. (Yus0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini