Sukses

Jokowi Jadikan Gedung SKPD Baru Sebagai Percontohan

Jokowi mengatakan, selain tanpa aspal, yang akan menjadi percontohan bangunan itu adalah dibangunnya sumur resapan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menjadi‎kan kompleks perkantoran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kawasan Jatibaru, Tanah Abang, yang saat ini sedang dalam masa pembangunan, sebagai gedung percontohan di Jakarta.

"Kami di sini ingin memberikan contoh gedung lain agar tidak menggunakan aspal. Tapi digunakan paving blok," ujar gubernur yang akrab disapa Jokowi itu, saat menghadiri peresmian ‎Topping Off Proyek Pembangunan Gedung Dinas Teknis Jatibaru, Jakarta, Kamis (14/8/2014).‎
‎
Di kompleks perkantoran itu, kata Jokowi, rencananya akan ‎dibangun 2 tower yang masing-masing tower terdiri 16 lantai. 1 Tower yang akan diselesaikan tahun ini rencananya akan dijadikan kantor untuk 3 dinas, yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan dan Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B).

Jokowi mengatakan, selain tanpa aspal, yang akan menjadi percontohan bangunan tersebut adalah dibangunnya sumur resapan di perkantoran tersebut. Sumur resapan yang dibangun di tiap gedung tinggi berfungsi menambah wilayah resapan air.

Hal ini, kata Jokowi, sesuai Peraturan Gubernur Nomor 68 Tahun 2005, tentang pembuatan sumur resapan yang mewajibkan bagi pemilik bangunan berkonstruksi pancang dan atau yang memanfaatkan air tanah lebih dari 40 meter untuk membuat sumur resapan.
‎
"Ini supaya ada contoh bagi gedung lain supaya ke arah itu, gedung ini. Nanti ada treatment (perawatan) untuk air, jadi air hujan yang turun nanti digunakan lagi," pungkas Jokowi. ‎(Mut)

Baca juga:

Bagian Dari Revolusi Mental, Jokowi Akan Lebih Perhatikan Pramuka

Siswa Teriak "Sabtu Libur", Jokowi Ajak Foto Bareng

Jokowi: Penarikan Mobil Dinas di Pemprov DKI Sudah Diperhitungkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini