Sukses

Alex Noerdin Terima Bintang Utama dari SBY

Bintang Mahaputera Utama disematkan oleh Presiden SBY kepada 3 tokoh bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin, Rabu (13/8/2014) menerima penghargaan tertinggi dari pemerintah berupa Bintang Mahaputera Utama yang disematkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta.

Bintang Mahaputera Utama disematkan oleh Presiden SBY kepada 3 tokoh bangsa masing-masing Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Gubernur Papua Barat Brigjen TNI Purn Abraham Octaviaanus Atururi, dan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Dr (HC) Sofyan Basir Ak SE.

Pemberian Tanda Kehormatan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 65/TK/tahun 2014 tanggal 11 Agustus 2014 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Anugerah Bintang Mahaputera Utama yang diterima merupakan kehormatan bagi dirinya dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan serta masyarakat Sumatera Selatan.

"Ini merupakan amanah dan beban yang tentunya ke depan harus berprestasi lebih baik lagi," sebut Alex.

Selanjutnya Alex mengungkapkan, penghargaan ini juga menjadi tantangan untuk mempersiapkan Sumatera Selatan sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018 mendatang.     

Menurut Kepala Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Laksma TNI Drs Ir Suyono Thamrin M.Eng.Sc. Kriteria Pemberian Tanda Kehormatan Bitang Mahaputera didasarkan pada pasal 28 Ayat 2 UU Nomor 20 Tahun 2009 di antaranya adalah diberikan kepada mereka yang telah berjasa luar biasa diberbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa dan negara, serta pengabdian dan pengorbanannya di berbagai bidang sospol, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi dan beberapa bidang lain yang besar manfaatnya bagi bangsa dan negara, di samping Darmabakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional. 

Menanggapi kriteria tersebut, Alex mengakui pembangunan yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat yaitu bidang pendidikan dan kesehatan, program sekolah gratis dan berobat gratis telah dijalankan. Ditambah pembangunan di bidang olahraga yang membuat Sumatera Selatan aktif pada pagelaran internasional.

Selain menyematkan penghargaan Bintang Mahaputra Utama, Presiden SBY juga memberikan penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana kepada Istri Wakil Presiden Herawati Boedino, Ketua MPR Sidarto Danusubroto dan Ketua DPR Marzuki Alie. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.