Sukses

Jatuh di Sawah, Pesawat Latih TNI Mulai Dievakuasi

Usai evakuasi pesawat akan dibawa ke Lanud Adi Sucipto Yogyakarta.

Liputan6.com, Sukoharjo - Pesawat latih milik TNI AU yang jatuh di persawahan di daerah Sukoharjo, Jawa Tengah, hari ini mulai dievakuasi. Rencananya proses evakuasi akan selesai pada hari ini, Rabu (13/07/2014).

Pantauan Liputan6.com di lokasi jatuhnya pesawat di Kampung Jogodayoh, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo Kota, Kabupaten Sukoharjo, tim dari TNI AU Lanud Adi Seomarmo Solo, terlihat sudah memulai proses evakuasi. Satu per satu bagian pesawat dilepas untuk diangkut ke truk.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adi Soemarmo Solo, Kapten Sus Rindar, mengatakan sebelum mengevakuasi pesawat latih bernomor lambung AS 202/18 A3 Bravo, tim terlebih dulu mengobservasi pesawat tersebut.

"Proses evakuasi disaksikan  langsung oleh tim dari Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Mabes TNI AU dan Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Kodik TNI AU," ujar Sus, Rabu (13/7/2014). "Tim dari Mabes TNI AU tiba sejak malam tadi. Mereka datang untuk  melakukan penyelidikan."

Dia menambahkan, usai evakuasi pesawat akan dibawa ke Lanud Adi Sucipto Yogyakarta.

Pesawat itu nyungsep ke sawah warga saat hendak mendarat mendadak, Selasa 12 Agustus 2014. Dalam insiden itu, kedua awak pesawat berhasil selamat. Menurut keterangan Camat Sukoharjo, Gondang Redjono, pesawat tersebut jatuh sekitar pukul 12.00 WIB. Pesawat itu ditumpangi instruktur Mayor Pnb Surono dan siswa penerbang, Sertu Tama. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini