Sukses

Perkenalkan Fanbots, Robot Penggemar Pendukung Tim Baseball

Karena tidak ada penggemar yang datang mendukung mereka ke stadion, mereka pun menggantikannya dengan robot Fanbots.

Liputan6.com, Seoul - Tak ada rotan, akar pun jadi. Peribahasa itu mungkin cocok untuk menggambarkan tim baseball Major League Korea Selatan, Hanwha Eagles.

Bayangkan saja, karena tidak ada penggemar yang datang mendukung mereka ke stadion, mereka pun menggantikannya dengan robot yang disebut 'Fanbots', untuk bersorak-sorak sepanjang pertandingan.

Seperti dikutip dari Odditycentral, Selasa (11/8//2014), hal ini dilakukan guna menciptakan atsmosfer riuh sekaligus meningkatkan semangat para pemain.

Sebab, tidak mudah menjadi suporter Hanwha Eagles. Sebagian besar penggemar kerap mengejek kinerja tim lantaran dinilai bermain tidak bagus.

Para penggemar kemudian menjuluki para pemain 'Buddhist Saints' dan 'Hanhwa Chicken'. Julukan tersebut diberikan lantaran penggemar tidak lagi menikmati pertandingan. Tim kesayangan mereka telah menderita lebih dari 400 kekalahan dalam lima tahun terakhir.

Tak butuh waktu lama sedih berlarut-larut ditinggal penggemar. Pihak menejemen Hanhwa Eagles kini dapat mengontrol sendiri robot mereka yang duduk di kursi penonton melalui sistem online. Mereka juga bisa memasukkan foto penggemar ke wajah robot.

Fanbots dirancang untuk bersorak-sorak, menghibur dan bernyanyi. Para robot ini juga tidak akan masuk ke lapangan membuat kekacauan, seperti yang biasa dilakukan penggemar ketika timnya kalah.

Menurut Matt Cutler, seorang editor Sport Business International, kehadiran robot ini bisa memberikan kesempatan penggemar sebenarnya untuk hadir di stadion, kehadiran mereka sangat penting bagi pemain.

Kehadiran Fanbots di stadion mengundang respons beragam. Ada yang menganggapnya sebagai ide brilian, namun ada juga yang menolaknya.

"Apa yang terjadi jika para robot itu nakal? Bagaimana jika dia duduk di tempat yang salah? Bagaimana jika dia agresif, kasar dan menumpahkan minuman? Robot yang jahat," canda seorang penggemar sepakbola, John Hemmingham. (Imelia Pebreyanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini