Sukses

ISIS Rencanakan Serbu Pabrik Bir di Malaysia

Walaupun bermula di tempat yang jauh dari Asia Tenggara, ancaman kelompok Daulah Islamiyah (Islamic State/IS) sungguh nyata di kawasan ini.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Walaupun bermula di tempat yang jauh dari Asia Tenggara, ancaman kelompok Daulah Islamiyah (Islamic State/IS) sungguh nyata di kawasan ini.

Kelompok militan ISIS ditengarai telah merencanakan untuk melakukan penyerangan ke salah satu tempat pembuatan bir Carlsberg di Malaysia. Demikianlah yang dilansir Liputan6.com dari The Local (11 Agustus 2014).

Carlsberg, perusahaan bir Denmark itu, ada di daftar sasaran kelompok militan ISIS, demikian dilaporkan oleh South China Morning Post.

Disebutkan bahwa salah satu tempat keberadaan Carlsberg di pinggiran kota Kuala Lumpur ada di antara sejumlah sasaran yang akan diserang oleh ISIS di Malaysia.

Seperti yang dilaporkan oleh South China Morning Post, ISIS, yang sekarang dikenal dengan Daulah Islamiyah, telah mengembangkan sayap ke Malaysia dan Indonesia.

Kelompok itu mendapatkan sejumlah pengikut lokal yang terilhami oleh pernyataan pendirian kalifah Islam. Setidaknya sudah ada 19 warga Malaysia dicurigai terlibat dengan organisasi itu yang telah ditangkap.

"Selagi ditanyai, para tersangka itu mengakui bahwa satu tujuan utama mereka adalah untuk menyerang pemerintah," demikian dikatakan Ayub Khan, seorang pejabat lawas di Cabang Khusus Divisi Kontra Terorisme Malaysia kepada South China Morning Post.

"Mereka juga sudah membahas rencana-rencana menyerang suatu tempat hiburan malam dan beberapa publ di Kuala Lumpur dan sebuah pabrik Carlsberg di Petaling Jaya."

Carlsberg merupakan mereka bir paling besar di Malaysia dengan pangsa pasar yang melebihi 50%. Perusahaan Denmark itu sudah berada di Malaysia sejak tahun 1972.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini