Sukses

Tarif Transjakarta Berdasarkan Jauh-Dekat Mulai Tahun Depan

Transjakarta masih menyusun konsep mengenai rencana penerapan sistem tarif berdasarkan jarak per halte tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem tarif bus Transjakarta akan berubah mulai 2015. Selama ini diberlakukan tarif Rp 3.500 untuk jarak jauh dan dekat. Nantinya akan diubah berdasarkan jarak per halte.

Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, pihaknya masih menyusun konsep mengenai rencana penerapan sistem tarif berdasarkan jarak per halte tersebut. Ia menargetkan sistem tersebut sudah bisa diterapkan mulai 2015.

"Nanti akan dihitung per jarak. Targetnya tahun depan sudah bisa diterapkan. Jadi yang jarak dekat disubsidi oleh yang jauh," ujar Kosasih di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Terkait penerapan tiket elektronik atau e-ticketing di Koridor I Transjakarta yang mengakibatkan penumpang bus terintegrasi, seperti Kopaja AC, APTB, dan BKTB harus membayar 2 kali lipat. Alasannya, karena ketiga bus angkutan tersebut belum bersedia ikut dalam penerapan tiket elektronik karena besarnya biaya investasi.

Namun, ia berjanji untuk tetap melakukan pembahasan terkait pemberlakukan tiket elektronik dengan pihak APTB ataupun Kopaja AC yang melintasi jalur Transjakarta. Agar beban biaya transportasi warga tidak meningkat.

"Kami sudah meminta APTB, BKTB, dan Kopaja AC untuk mengintegrasikan tiket dengan kami. Tapi karena investasi tiket elektronik ini membutuhkan biaya yang tidak kecil, kami tidak bisa langsung memaksa mereka untuk ikut," jelas Kosasih. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini