Sukses

Setelah Swedia, Perusahaan Norwegia Uji Coba ERP Bulan Depan

Perusahaan tersebut sedang membuat pondasi untuk pembangunan gerbang ERP di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Gerbang atau gate entry (gantry) Electronic Road Pricing (ERP) telah dibangun oleh PT Kapsch perusahaan asal Swedia di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Uji coba pertama pun juga sudah dilaksanakan. Selanjutnya, gerbang ERP kedua akan segera dibangun oleh perusahaan asal Norwegia, Q-Free.

"ERP kan sudah uji coba yang Kapsch. Yang Q-Free September-lah uji coba," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar di Balaikota Jakarta, Senin (11/8/2014).

Saat ini, menurut Akbar, perusahaan tersebut sedang membuat fondasi untuk pembangunan gerbang ERP di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Tepatnya, di dekat Gedung Setiabudi. Gerbang tersebut menerima arus kendaraan dari arah Selatan ke Utara, atau arah Mampang ke kawasan Menteng.

"Ini hanya menguji alatnya saja. Melihat kondisi lalu lintas. Karena menguji alat, kita mencari lokasi yang benar-benar dari sisi gangguan frekuensi bersih. Ini uji coba kedua," jelas Akbar.

Ia menambahkan, pada uji coba kedua nanti menggunakan prinsip ERP yang sama. Yakni menggunakan single one piece On Board Unit (OBU). Perbedaan hanya terdapat pada merek alatnya. Bahkan, kemungkinan juga ada perbedaan desain gerbang. Namun itu akan terlihat jika gerbang ERP dari Q-Free itu telah selesai. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.