Sukses

Ahok Tak Takut Oknum TNI-Polisi Pembeking PKL

Seorang anggota Satpol PP sebelumnya diamankan di Mapolsek Gambir, Jakarta Pusat, karena oknum tersebut melapor ke polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku mendapatkan dukungan dari Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal Mulyono dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dwi Prayitno untuk melakukan penertiban PKL di kawasan Monas.

Karena itu, pria yang karib disapa Ahok itu mengaku tidak merasa takut jika benar ada anggota TNI atau polisi yang membekingi PKL yang selama ini berjualan di Monas.

"Kemarin Pangdam telepon. Kapolda juga telepon. Yang jelas, Pangdam sama Kapolda serius mem-back up," kata Ahok di Balaikota Jakarta, Selasa (5/8/2014).

Bahkan kemarin, ia mengaku sempat mendapat tamu 3 anggota TNI di Balaikota. Ahok mengatakan dirinya sebenarnya sempat menemui ketiga anggota TNI itu di sela-sela kegiatannya. Meski hanya sebentar, Ahok sempat mengeluhkan adanya dugaan anggota TNI yang menjadi beking para PKL di Monas kepada mereka.

"Saya ketemu kok di dalam. Mereka nggak intimidasi. Baik-baik aja. Teman kok. Saya bilang saja, kalau ada oknum TNI yang jadi beking, Satpol PP jadi takut. Supaya tidak takut dipersenjatai, dikasih rompi antipeluru. Terus dilatih nembak yang benar," kata Ahok.

Pada Sabtu 2 Agustus lalu, dalam razia PKL di Monas, Satpol PP diduga salah tangkap sehingga sempat menimbulkan kericuhan. Pria yang ditangkap tersebut diduga seorang anggota TNI berpakaian biasa yang dikira PKL oleh Satpol PP. Akibatnya, seorang anggota Satpol PP diamankan di Mapolsek Gambir, Jakarta Pusat, karena pria tersebut melapor ke polisi.

Polsek Gambir juga memanggil beberapa anggota Satpol PP lainnya untuk dimintai keterangan tambahan. Namun korban yang diduga salah tangkap belum dapat dipastikan anggota TNI atau warga biasa. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Polisi