Sukses

Polisi: Enden Wanimbo Pelaku Penembakan di Lanny Jaya

Baik Puron maupun Enden selalu mengikut sertakan sekitar 20 orang pengikutnya.

Liputan6.com, Jayapura - Kepolisian Daerah Papua mengklaim Enden Wanimbo sebagai pelaku penembakan dan kekerasan, yang selama ini terjadi di Lanny Jaya, Papua.

Enden adalah salah satu pimpinan kelompok sipil bersenjata. Dia dan anak buahnya kerap melakukan kejahatan bersama Puron Wenda. Puron adalah salah satu pimpinan kelompk sipil bersenjata yang bermarkas di Kabupaten Puncak Jaya.

"Enden Wanimbo adalah orang yang paling bertanggung jawab atas serangkaian aksi penembakan di Lanny Jaya. Polisi juga mencari Puron Wenda, karena diduga ikut terlibat dalam penembakan selama ini," jelas Kapolda Papua Brigjen Pol Yontje Mende di Mapolda Papua, Senin (4/8/2014).

Yontje menjelaskan, dalam melakukan aksinya, baik Puron maupun Enden selalu mengikut sertakan sekitar 20 orang pengikutnya. Pihaknya memberikan waktu keduanya untuk menyerahkan diri dalam jangka waktu 2 pekan. Jika tidak, penegakkan hukum akan dilakukan.

"Operasi penegakkan hukum yang kami lakukan tetap sesuai aturan yang berlaku. Pendekatan persuasif tetap kami kedepankan. Apalagi jika para pentolan ini mau menyerahkan diri dan menyatakan mengakhiri pertikaian, maka kami akan membuka dengan tangan terbuka," ujarnya.

Senin 4 Agustus pagi, penembakan kembali terjadi di Lanny Jaya. Kali ini rombongan Brimob yang mengendarai 3 mobil jenis Strada yang hendak menjemput Sekda Lanny Jaya dan Christian Sohilait, ditembaki kelompok Enden dan Puron. Kendati, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Beberapa hari sebelumnya, 2 polisi menjadi korban penembakan kelompok Enden dan Puron. Dalam penghadangan tersebut, 4 pucuk senjata berhasil dibawa lari kelompok ini. Kemudian 2 Agustus lalu, aparat gabungan berhasil menembak mati 5 anak buah kedua pentolan kelompok itu.

Baca juga:

Rombongan Brimob Diserang Kelompok Bersenjata di Papua

Kerap Diancam OPM, Bupati Lanny Jaya Akui Pernah Beri Uang

TNI: 20 Anggota OPM Baku Tembak 4 Jam di Lanny Jaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini