Sukses

Mural Berisi Dukungan ISIS Muncul di Solo

Pihak kepolisian mencatat sudah ada 56 WNI yang berangkat ke Suriah, diduga ikut berperang dan bergabung bersama ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Tayangan video yang beredar di dunia maya memperlihatkan sekelompok warga Indonesia yang mengajak Muslim Indonesia, untuk bergabung dengan ISIS atau kelompok negara Islam Irak dan Suriah. Video tersebut menjadi gambaran tentang adanya upaya perekrutan anggota ISIS di Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, (4/8/2014), sejauh ini polisi telah mengidentifikasi tokoh-tokoh yang melakukan perekrutan, termasuk pria yang menyerukan agar warga Muslim Indonesia bergabung dengan ISIS.

Seperti terlihat dalam video yang diunggah di youtube. Pria yang terkait dengan jaringan terorisme pimpinan Santoso Alias Ali Wardah ini sudah menjadi buronan polisi.

Gerakan mencari dukungan terhadap ISIS antara lain mulai terlihat di Solo, Jawa Tengah. Mural berisi dukungan terhadap ISIS banyak bermunculan di beberapa lokasi di Solo dan sekitarnya. Mural ini terpampang sejak 2 bulan lalu dan belum ada yang menindak.

Pihak kepolisian mencatat sudah ada 56 WNI yang berangkat ke Suriah, diduga ikut berperang dan bergabung bersama ISIS. 3 Di antaranya diketahui telah tewas. Mereka umumnya berangkat ke Suriah melalui negara ke-2 atau ke-3. (Mut)

Baca Juga:

Kelompok Umat Beragama dan Kepercayaan Tolak ISIS di Indonesia

Menkumham Kaji Pencabutan Kewarganegaraan WNI yang Gabung ISIS

Menko Polhukam: Anak Abu Bakar Ba'asyir Juga Tolak ISIS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.