Sukses

Ruang Pameran untuk Jokowi Dipersiapkan di Museum Kepresiden

Ruangan berukuran 8 x 11 meter itu akan berisi beberapa fasilitas permainan tentang sejarah presiden RI.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan museum kepresidenan Balai Kirti di halaman Istana Bogor, akan segera selesai pada akhir Agustus ini. Museum ini khusus untuk memamerkan sejarah para tokoh yang pernah menjabat presiden Indonesia, mulai presiden ke-1 RI Soekarno hingga presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud selaku koordinator pembangunan proyek museum Kacung Marijan mengatakan, ruang pameran untuk presiden ke-7 RI Joko Widodo sebenarnya telah disiapkan. Namun itu akan dipamerkan setelah masa jabatan usai.

"Sekarang belum ada. Tapi dipersiapkan untuk presiden ke-7. Setelah masa jabatannya selesai," ujarnya di sela-sela kunjungan Mendikbud Mohammad Nuh memantau progres pembangunan Balai Kirti, Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/8/2014).

Sementara, Timmy Setiawan dari PT Punitri selaku konsultan pembangunan menjelaskan, ruangan yang dipersiapkan untuk presiden selanjutnya itu, untuk sementara akan dipergunakan sebagai ruang interaktif.

Ruangan berukuran 8 x 11 meter itu akan berisi beberapa fasilitas permainan tentang sejarah presiden RI. Juga akan disediakan latar belakang gambar istana, beserta podium layaknya konferensi pers kepresidenan. Di sampingnya akan dipasang foto 6 presiden RI dengan 1 bingkai kosong untuk presiden ke-7 RI nanti.

"Sementara (ruang presiden ke-7 RI) ini buat ruang interaktif. Ada touch panel dan games, seta ruang foto dengan background istana seperti suasana presscon," jelas Timmy.

Museum Balai Kirti ini memiliki 4 lantai, yang terdiri dari basement tempat kurator, lantai 1 terdiri dari lobi, ruang audiovisual, dan 6 patung presiden RI. Lantai 2 terdiri dari ruang pameran 6 presiden RI. Lantai 3 terdiri dari ruang interaktif, perpustakaan, dan private room presiden. Terakhir rooftop dengan taman dan kantin untuk tempat bersantai.

Baca juga:

Jokowi Tersenyum Ladeni Permintaan Foto Selfie Puluhan Artis

Jokowi Halal Bihalal Bersama Para Relawan Selebriti

Jadi Presiden, Jokowi Mengaku Akan Tetap Blusukan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.