Sukses

Mau Mudik ke Riau, Kapal TKI Tenggelam di Perairan Malaysia

Proses pencarian masih dilakukan petugas Malaysia karena perairannya tidak berada di Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebuah kapal yang ditumpangi 21 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan tujuan Kabupaten Bengkalis, Riau, dikabarkan tenggelam di Perairan Muar, Malaysia. 3 Penumpang dinyatakan tewas dan 8 orang lainnya masih dalam pencarian.

"Tujuan kapalnya ke Bengkalis dan asal TKI ini juga daerah yang sama," kata Kepala Dinas Perhubungan Riau Adizar melalui keterangan persnya di Pekanbaru, Minggu (27/7/2014).

Proses pencarian masih dilakukan petugas Malaysia karena perairannya tidak berada di Riau. Meski begitu, kordinasi tetap dilakukan dan Dinas Perhubungan Riau terus mengumpulkan infomasi.

"Kordinasi akan terus dilakukan dengan pihak Malaysia. Informasi yang diterima, kapal ini berangkat dari Malaysia sejak Jum'at kemarin. Kabar tenggelamnya baru diterima," pungkas Adizar.

Sebelumnya, kecelakaan saat mudik juga terjadi di Perairan Pulau Busung, Indragiri Hilir. Sebuah Speed Boat berpenumpang 50 penumpang tenggelam setelah terbakar di tengah laut.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK menjelaskan, para penumpang berhasil diselamatkan dan sudah dievakuasi oleh Direktorat Polisi Air Polda Riau.

"Para penumpang sudah diangkut pakai kapal polisi dan diantarkan ke daerah tujuan dengan selamat," kata Guntur.

Menurut Guntur, Speed Boat tersebut berangkat dari Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau dengan tujuan Indragiri Hilir, Riau. Setibanya di Perairan Pulau Busung, mesin terbakar.

"Semua penumpang berhasil diselamatkan," ujar Guntur.

Sejak Operasi Ketupat Mudik Lebaran digelar, Polda Riau sudah mencatat sekitar 24 kejadian kecelakaan lalu lintas di Riau.  Dari semuanya, 14 jiwa melayang, 20 orang mengalami luka berat dan 20 luka ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.