Sukses

Jumlah Pemudik Meningkat, 38 Kereta Tambahan Disiapkan PT KAI

Dari jumlah tiket yang terjual dari semua stasiun kereta api, kenaikan pemudik yang menggunakan moda kereta api mencapai 15 persen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan pada arus mudik tahun ini pengguna jasa kereta api meningkat dibanding tahun lalu. Kenaikan itu pun sudah diantisipasi oleh PT KAI dengan 38 kereta tambahan untuk mengangkut para pemudik.

"Tahun lalu kereta tambahan sebanyak 28, tahun ini 38. Ini dikarekanan juga peningkatan pemudik juga ya," kata Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (26/7/2014).

Dario data yang ia terima dari jumlah tiket yang terjual dari semua stasiun kereta api, Sugeng berujar, kenaikan pemudik yang menggunakan moda kereta api mencapai 15 persen.

"Secara nasional atau keseluruhan tahun 2014, pemudik yang menggunakan kereta api per H-3 1.638.348 orang, sedangkan pada 2013 per H-3 itu 1.429.180 orang. Naik 15 persen secara nasional," ujarnya.

Untuk mudik tahun Ini, lanjut Sugeng, tidak ada puncak arus mudik di setiap stasiun. Hal tersebut dikarenakan masyarakat sudah memesan tiket jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

"Tidak ada ya puncak arus mudik di stasiun, itu karena masyarakat sudah semakin cerdas, jadi 90 hari atau 3 bulan itu sudah beli tiketnya. Tidak ada penumpukan juga, karena masyarakat tidak memaksakan hari pertama Lebaran itu harus di rumah," tandas Sugeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.