Sukses

Jokowi Usulkan 30 Nama Cawagub Pengganti Ahok

Walau punya hak untuk mengusulkan, Jokowi mengaku tidak bisa memilih siapa yang akan mengisi kekosongan jabatan Wagub.

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut 2, Joko Widodo yang juga merupakan gubernur DKI Jakarta nonaktif mengaku telah mengusulkan sebanyak 30 nama calon wakil gubernur yang akan mendampingi Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur bila dirinya ditetapkan KPU sebagai presiden terpilih untuk masa jabatan 2014-2019.

"Usulannya belum. Berapa nama? 30 Nama.." ujar Jokowi sambil tertawa di sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014).

Terkait dengan mengerucutnya dua nama kandidat kuat pengganti Ahok sebagai Wagub, yaitu Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Boy Bernadi Sadikin dan mantan walikota Blitar Djarot Syaiful, Jokowi mengatakan kemungkinan dua orang tersebut yang akan dipilih cukup besar. "Bisa Pak Boy, bisa Pak Djarot. Ya saya Nggak tahu," ucapnya.

Walau punya hak untuk mengusulkan, Jokowi mengaku tidak bisa memilih siapa yang akan mengisi kekosongan jabatan Wagub. Menurutnya, kewenangan untuk memilih cawagub berada pada internal partainya.

"Kok maunya saya? Saya tidak punya kewenangan. Saya itu cuma mengusulkan," ucapnya.

Jokowi mengaku saat ini pihaknya masih fokus menunggu hasil pengumuman rekapitulasi suara yang akan disampaikan pada Selasa (22/7/2014) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Ini urusannya gini loh, selesaikan dulu satu-satu, pilpres kelar, tahap kedua mengundurkan diri, baru tahap ketiga (wagub)," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.