Sukses

Warga Ukraina Timur Kumpulkan Jenazah Korban MH17

Pemerintah Ukraina terus mendesak diadakannya Investigasi menyeluruh atas insiden jatuhnya pesawat MH17.

Liputan6.com, Ukraina - Pascajatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, ratusan korban masih bergelimpangan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat, di lahan gandum Hrabove, Ukraina Timur. Warga sekitar lokasi, di Hrabove, memindahkan jenazah korban pesawat MH17 pada Sabtu 19 Juli, waktu setempat. Jenazah dimasukkan ke dalam kantong jenazah sebelum dibawa dengan menggunakan truk.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (20/7/2014), warga Ukraina Timur mengaku tindakan tersebut dilakukan atas perintah pimpinan kubu pro Rusia melalui telepon. Jenazah yang telah dikumpulkan diperkirakan akan dibawa ke Mariupol, Ukraina Selatan.

Sejauh ini tim pemantau internasional dari organisasi keamanan dan kerjasama Eropa atau Osce telah tiba di lokasi jatuhnya pesawat. Kehadiran mereka mendapatkan penjagaan ketat dari kelompok pro Rusia, gerak mereka pun sangat terbatas.

Sementara itu di Ibukota Ukraina, Kiev, Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin menegaskan, pihaknya membutuhkan bantuan internasional untuk memberikan tekanan pada kelompok pro Rusia, agar bisa masuk ke lokasi kejadian dan melakukan penyelidikan yang efektif dan transparan. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.